First Sentence

Oke, mari mulai.

Sambil meningkatkan frekuensi menulis untuk misi membuat novel, gue mencoba mengingat kembali beberapa ilmu menulis yang selama ini gue dapat dan anut, baik dari internet maupun kelas menulis yang pernah diikuti. Pada post ini, gue akan coba kulik secara lebih mendalam mengenai First Sentence.

Jadi, first sentence itu artinya kalimat pertama...

...eh, udah tau ya?
Maap, maap. Jangan sewot gitu dong, hehehehe.

Saat elu menulis, baik itu cerpen atau post di blog seperti yang gue lakukan ini, penting untuk membuat kalimat pertama yang menarik. Kok begitu? Kalimat pertama berguna untuk menarik perhatian orang-orang yang akan membaca tulisan kamu. Sederhananya begini: seseorang dinilai dari penampilannya; buku di-judge dari sampul (cover)-nya; tulisan dinilai dari kalimat pertamanya. Kalimat pertama yang baik berarti kesan pertama yang baik.

Apa kemungkinannya jika kalimat pertama kita standar atau bahkan, ehm, buruk? Orang yang nggak sabaran akan segera beralih dari tulisan kamu ke tulisan orang lain. Akibatnya, tulisan kamu dianggap standar, atau bahkan membosankan, meski sebenarnya punya potensi bagus.

Terus, gimana cara bikin first sentence yang menarik?

Gue nggak bisa ngasih saran lebih baik dari ini: sering-sering baca karya penulis favoritlu, lalu perhatikan bagaimana dia bisa menarik perhatian lu sebagai pembaca. Setelah itu, posisikan diri lu sebagai pembaca saat mengevaluasi kembali tulisan yang udah dibuat. "Kalo gue jadi pembaca, tulisan ini menarik nggak, ya?" Kira-kira begitu. 

Gimana, udah paham?

-zp-


Comments

Post a Comment

Popular Posts