Berani Masuk UI


Gue mungkin bukan orang yang akan memotivasi kalian untuk masuk UI atau perguruan tinggi negeri lainnya dengan kata-kata manis. Tulisan ini gue buat karena tiga hal: terinspirasi oleh twit @anakuidotcom, adik gue yang bentar lagi mau kuliah, dan pengalaman kuliah sendiri. Tulisan ini juga gue buat dengan pertimbangan pengalaman dan observasi langsung. Oh ya, tulisan ini juga murni dibuat untuk pencerahan/informasi tambahan. Jadi kalian sendiri yang memutuskan akan bersikap apa setelah selesai membacanya.

Biasanya, banyak orang takut masuk UI atau PTN terkemuka lainnya karena dua hal; persaingan dan uang. Ketakutan atas persaingan cakupannya di diri sendiri dengan pelajar lain. Ketakutan yang kedua, uang, terbagi menjadi biaya kuliah dan biaya hidup sehari-hari. Mari kita bedah satu per satu.

Persaingan adalah bentuk ketakutan yang wajar dan manusiawi. Sebagai anak UI, gue dulu termasuk orang yang suka skeptis sama diri sendiri. Gue denger, sekarang ada kurang lebih 52.000 siswa ngerebutin 2200 kursi mahasiswa di UI. Kalo gue yang dulu jadi siswa jaman sekarang, ngebayangin persaingannya aja udah bikin perut mules. Tapi ingat kawan, kita ini dulunya sperma. Ya, sperma! Kita adalah satu-satunya sperma yang bersaing dan berhasil masuk sel telur untuk menjadi seganteng sekarang. Hidup sperma! Yeeeaaahhh!!!

Oke, belum apa-apa udah hilang fokus.

Yah, maksudnya sih kenapa kita harus takut dengan persaingan. Dari jaman masih berbentuk sperma juga kan kita udah bersaing untuk survive. Persaingan ada untuk melihat kualitas dan tidak ada cara terbaik lolos dari rintangan persaingan selain dengan meningkatkan kualitas dirimu sendiri. Cara terbaik menyikapi persaingan adalah dengan menghadapinya. Face it! Never hide it. Dengan konsep diri dan manajemen mental yang baik, risiko persaingan bisa diminimalisir.

Omong kosong? Mari lihat bagaimana gue membuktikan ini.

Buat gue, masuk UI dulu adalah sebuah mission impossible. Pertama, gue berasal dari STM yang kurikulumnya berbeda dengan SMA. Kedua, jurusan yang mau gue ambil adalah IPS, aliran pelajaran yang udah tiga tahun nggak gue pelajari. Sekali lagi, gue sempet mengkerut menghadapi kenyataan ini. Gue yang sebiji anak STM akan bersaing dengan anak IPS seluruh Indonesia.

Tapi, emang nggak ada yang bisa mengalahkan kekuatan keyakinan. Harus ada satu hal yang memotivasi lu untuk masuk PTN yang lu inginkan. Apapun. Gue dulu mau masuk UI karena mau escape dari kondisi ekonomi keluarga (belakangan, hal ini divalidasi oleh pernyataan seorang temen yang kuliah di FE bahwa untuk dapat meningkatkan kelas sosial, diperlukan capital (modal uang) dan/atau knowledge). Pemikiran gue saat itu, taraf pendidikan yang lebih tinggi akan membuka lingkaran pertemanan yang lebih luas dan bermanfaat. Dari sana, terbuka banyak pengalaman dan kemungkinan baru untuk mempermudah jalan hidup gue selanjutnya. Maka dari itu, pikirkan lagi kenapa lu harus masuk PTN yang lu inginkan, entah itu UI, ITB, UGM, atau PTN lainnya (ini akan sangat membantu lu ketika mulai patah arang di tengah jalan).

Saran gue, singkirkan semua fakta perbandingan daya tampung itu. Singkirkan semua statistik sialan yang bikin lu mengkerut. Singkirkan bisikan miring dan skeptis dari orang-orang di sekitar lu karena gue yakin, orang yang bilang lu nggak bisa masuk UI biasanya ngomong berdasarkan sejarah dirinya sendiri. Mereka bilang lu nggak bisa karena mereka sendiri juga nggak bisa. Kalau lu percaya omongan mereka, sama aja lu belajar akhlak ke juragan preman, atau belajar ilmu finansial ke orang miskin. Percayalah sama diri lu sendiri, ambil pengalaman orang-orang yang udah sukses duluan, bergaullah dengan orang-orang yang optimis, lalu belajar dan berdoalah dengan membabi buta.

Lanjut ke masalah selanjutnya: duit.

Seperti yang gue bilang tadi. Masalah uang biasanya dibagi jadi dua, uang kuliah dan uang hidup sehari-hari. Meski begitu, penyelesaiannya ternyata ada lebih dari dua jalan. Di UI, lu bisa melakukan banyak hal untuk menyiasati factor ekonomi ini, mulai dari minta keringanan pada pihak kampus, berburu beasiswa, sampai jualan donat!

Seorang mahasiswi UI yang magang di sekolah gue dulu pernah bilang bahwa di UI, ada begitu banyak beasiswa berseliweran, baik dari pemerintah, yayasan, atau perusahaan swasta. Saat itu, perkataannya jadi pembuka semangat bagi gue dalam mengobarkan kembali cita-cita kuliah. Gue nggak terlalu memikirkan gimana cara ngebayar kuliah. Yang penting diterima dulu deh. Begitu diterima, gue bekerja sama dengan BEM fakultas dalam mengupayakan keringanan pembayaran biaya kuliah. Waktu itu biaya kuliah gue per semester Rp5 juta, namun dengan keringanan itu jumlahnya menyusut jadi Rp1,1 juta. Uang pangkalnya Rp5 juta, menyusut juga jadi Rp2-3 juta (sori gue lupa pastinya). Nah, gue denger sekarang di UI uang pangkal sudah dibebaskan. Tentu ini jadi kemudahan tersendiri buat kalian, kan?

Setelah itu, gue fokus dapetin IP setinggi-tingginya di semester pertama. Ini penting, lho. Selain biar IPK lu nantinya kalo turun nggak jeblok-jeblok amat dan kalo naik lebih gampang, IPK yang bagus juga berguna buat mencari beasiswa.

Rata-rata beasiswa mensyaratkan lu untuk tidak merokok. Ada juga yang mensyaratkan surat keterangan miskin atau karya tulis ilmiah. Pemerintah waktu itu mengeluarkan beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) dan BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa) dan gue daftar untuk beasiswa PPA. Alhamdulillah, tiga tahun berturut-turut gue dapet terus. Jumlahnya pun lebih dari cukup untuk menutupi biaya kuliah.

Selain dua jalur itu, ada jalur alternatif macem jualan dan pekerjaan musiman. Kalau mahasiswa mau bikin suatu acara dan butuh dana, mereka biasanya berjualan apapun, mulai dari pakaian bekas sampe makanan semacam donat. Mau jualan jersey bola? Boleeeh. Selain itu, ada juga yang dapet pekerjaan temporer semacam mengawas UN, SNMPTN, SIMAK UI, atau ujian-ujian masuk yang lain. Ada juga yang ngawas try out UN kalau masih punya link dengan bimbingan belajar semasa sekolah. Mau ngajar di bimbel atau privat juga nggak masalah kok. Mau semuanya (keringan+beasiswa+kerja sambilan) dijalanin? Bebas! Apapunlah, yang penting halal.

Inti dari semua omongan berbusa gue kali ini adalah tidak ada hambatan yang benar-benar menghambat diri sendiri. Kalaupun ada, mungkin itu adalah kemalasan dalam belajar/berusaha atau dari pikiran yang minder/terlalu realistis. Tanya diri lu, semalas apa lu saat ini. Lihat lagi yang jauh ke depan, mau jadi apa kelak. Jangan hiraukan tanggapan orang-orang pesimis karena ELU  yang bertanggung jawab terhadap masa depan diri sendiri, bukan mereka. Kalau gagal merencanakan masa depan, lu yang nyesel, bukan mereka.

Nah, sekarang semuanya udah gue buka. Masih ada alasan untuk tidak berusaha?
Keputusan ada di tangan lu, sebagaimana masa depan lu sendiri....



Comments

  1. intan mau masuk UGM kak.. :) do'ain ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gitu frekuensi belajarnya harus ditingkatkan agar sesuai standar UGM ya! Semangat!

      Delete
  2. ka makasih udah ngasih pencerahan ya.
    saya mau masuk UI ka, doain ya ka biar masuk fakultas ilmu komputer UI.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Jangan lupa minta doa orang tua juga ya! :)

      Delete
  3. Mencerahkan otak yang hampir mampet... makaciii ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inget, ketekunan akan mengalahkan kecerdasan. Ini kan terus berguna di UI nanti.

      Delete
  4. Makasih ya ka....
    memotivasi bangettt

    ReplyDelete
  5. Hik..hik... jadi terharu tatkala mngetahui bahwa diriku jadi salah satu motivasimu tuk berbuat kebajikan :P

    ReplyDelete
  6. hidup SMK!! ow yeaaaah! gw juga pernah nulis ginian nih, mission imposibru anak SMK masup UI....

    ReplyDelete
  7. Keren Artikelnya.. Semoga Saya Bisa masuk UI. aamiin YA ALLAH. :)
    Mohon do'anya teman-teman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inget, mohon doa restu orangtua. Kerahkan segala cara biar dapet ridha Allah masuk UI. :)

      Delete
  8. wahahaha.. alhamdulillah gue dulu jg dapet beasiswa, BBM tp.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak buat beli yang macem-macem kan, Riz? :p

      Delete
  9. thankss gan memotivasi sekali,pantang menyerah untuk dapet UI semoga tahun ini bisa dapet ilmu adminitrasi niaga aminn :D

    ReplyDelete
  10. thanks kak doain juga yah saya anak ipa dari malang nih pengen banget masuk komunikasi walaupun ips n sayanya dari daerah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. IPS itu jurusan yang menuai kesuksesan di masa depan, itulah kenapa banyak anak IPA yang pindah jurusan IPS ketika kuliah dan kerja. :-D
      Tenaang, UI-ITB-UGM biasanya banyak anak daerahnya kok. Mereka terkenal ulet. :)
      Oke, semoga masuk kampus yang diinginkan ya!

      Delete
  11. Thanks kak jujur gua lg minder banget sehelai anak SMEA yg mau masuk UI bagaikan kodok mau ke puncak monas :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin banyak anak sekolah kejuruan yang masuk UI, kok. :)

      Delete
  12. Ka waktu msk ui lwat jalur apa ? Sbmptn atau snmptn undangan? Trus masuk jurusan apa ka ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku masuk lewat jalur Ujian Masuk Bersama (UMB) ke program studi Ilmu Sejarah. :)

      Delete
  13. kaka, boleh minta emailnya ? tenang kak, ngak macem2 kok. cuma mau bergaul sama orang optimis kayak kaka,sama kayak yg kakak bilang diats. emailku derrichaniago@gmail.com aku tunggu ya kak emailnya :)

    ReplyDelete
  14. saya anak SMK berbasis IT, moga bisa masuk UGM maupun UI. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, latar belakang kita sama ya. Semoga almamaternya juga bisa sama. Amin. :)

      Delete
  15. Sangat termotivasi sekali, terimakasih ka (y). Tp ada 1 hambatan lagi, khususnya buat saya yaitu saya 'belum' dpt restu buat kuliah, tp bakal di restui klo msk akademi, kira2 gmn ya ka cara buat bujuk ortu ?? :'''(

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Minta sama Allah biar ortu restuin
      2. Cari tau info beasiswa, termasuk pekerjaan sambilan yang bisa kamu lakukan sambil kuliah. Biasanya restu ortu berat di hal-hal kayak gini.
      3. Jalan terus apapun yang terjadi.

      Delete
  16. wahh, jd termotivasi baca blog kk.:D soalnya sama-sama berlatar-belakang smk yang notabenenya jarang berpeluang untuk masuk ke PTN. mau tanya kak, kk dulu SMK jurusan apa? prodi skrg di UI kk ambil apa? Dan jalur apa yg kk ambil buat tembus UI? makasih kak atas jawabannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Teknik Komputer Jaringan, ambil Ilmu Sejarah di UI via Ujian Masuk Bersama.

      Sama-sama. Senang membantu. :)

      Delete
  17. ka tahun ini aku mau masuk uilewat jalur sbmptn dan simak UI doakan aku ya kak

    ReplyDelete
  18. Doakan saya ya kak
    Insha Allah maba ui 2017!
    Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...semoga berhasil, ya. Saya tunggu kabar baikmu. :)

      Delete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. kak, tips nya apa ya biar lebih semangat masuk UI?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar dan berdoa (termasuk minta orang tua doain). Kalau mulai jenuh atau putus asa, inget anak-anak brilian dari belahan dunia lain yang juga sedang berusaha memasuki universitas bergengsi di negara mereka.

      Delete
  21. Tadinya udah sedih karna smk cuma dpet 30% :'( eh liat blog ini jdsemangat bahwa takdir ga ada yang tau .. Banyak orng yg ngehina gue *ngimpi lu*,, gue akan buktikan dengan cara belajar yg sungguh"... Tnks kak

    ReplyDelete
  22. kueereen.. untuk saya yang terlalu realistis (lebih sering pesimis), tulisannya sangat membantu.
    semoga saya bisa menjadi "orang" nantinya. syukron k'.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang, saya dulu juga pernah berada di posisi Arisa kok. Hidup emang kadang keras. Karenanya, kalo kata Bona Sardo (iya, yang penyannyi itu) kita butuh semacam survival tools biar bisa kembali termotivasi.

      Survival tools bisa bermacam-macam. Kalau kamu merasa kembali "on" setelah membaca post ini, kamu bisa balik lagi ke sini saat down seraya mengingat, apa tujuan hidupmu, kenapa kamu mau masuk UI.

      Kamu harus tahu, ada banyak orang seperti kamu di UI, termasuk saya yang sedang menunggu kabar gembira darimu.

      Semangat, Ris!

      Delete
  23. Kak kelebihan smk dibanding sma apa sih,ortu nyuruh masuk smk sedangkan gw takut nanti pas smk kan pkl terus kerja ujung ujungnya kerja itu itu terus dan kehidupan malah gak berubah,sedangkan sma kan kita kuliah negeri kemungkinan besar,dan bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelebihan smk itu, smk dicetak untuk siap kerja. Lo lulus dr smk, lo bisa langsung kerja tanpa kuliah tapi ya tentu dijaman skrg kemungkinan lo dapet kerja dgn gaji besar yg cuma lulusan smk bakal sulit. Terus pkl, dari pkl lo bakal tau bakal ngerasain kerja itu kaya gimana, capeknya cari uang itu kaya gimana, beratnya jadi seorang karyawan biasa kaya gimana biar nanti lo gak kaget. Saran gue sih kalo lo gak mau di smk ya lo kasih tau org tua lo pelan pelan, karena kalo misalkan lo masuk smk favorit sekalipun tp lo ngejalaninnya gak sepenuh hati, hasil belajar lo gak bakal maksimal.


      #bantujawab

      Delete
    2. Kelebihan smk itu, smk dicetak untuk siap kerja. Lo lulus dr smk, lo bisa langsung kerja tanpa kuliah tapi ya tentu dijaman skrg kemungkinan lo dapet kerja dgn gaji besar yg cuma lulusan smk bakal sulit. Terus pkl, dari pkl lo bakal tau bakal ngerasain kerja itu kaya gimana, capeknya cari uang itu kaya gimana, beratnya jadi seorang karyawan biasa kaya gimana biar nanti lo gak kaget. Saran gue sih kalo lo gak mau di smk ya lo kasih tau org tua lo pelan pelan, karena kalo misalkan lo masuk smk favorit sekalipun tp lo ngejalaninnya gak sepenuh hati, hasil belajar lo gak bakal maksimal.


      #bantujawab

      Delete
    3. Nah, semuanya udah dijabarin tuh sama komentar dari Cerita dan Aksara.
      Sebenarnya, anak SMK masih bisa kuliah kok setelah lulus kerja. Kalau pun nggak kuliah, banyak juga media pembelajaran lain untuk menggapai karier/cita-cita yang diinginkan. Ini bahkan sempat jadi dasar ramalan bahwa kelak, kampus nggak lagi benar-benar diperlukan. Pada akhirnya, semua tergantung seberapa "keras kepala" kita dalam meraih impian.

      Delete
  24. Gue juga anak STM kak, yang lagi mati matian siang malem belajar sbmptn sampe tipes tipes wkwk dan sering dapet hujatan dr alumni yg bilang gue gabakal bisa tembus ui wkwkwk ceritanya memotivasi bgt kak, tunggu gue di ui ya kak! Salam STM wkwmwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Bro. Gue apresiasi usaha lu untuk belajar siang-malem sampai typhus. Anak muda harus semangat! Tapi inget, above all, kesehatan lu yang terpenting. Ini juga berlaku ketika lu skripsian nanti. Nasihat dosen menjelang sidang bukan belajar lebih keras, melainkan jaga kesehatan. Percuma soalnya udah belajar keras tapi lu gak sehat. Gak bakalan perform, lu.

      Just my fifty cents. :)

      Delete
  25. Gue juga anak STM kak, yang lagi mati matian siang malem belajar sbmptn sampe tipes tipes wkwk dan sering dapet hujatan dr alumni yg bilang gue gabakal bisa tembus ui wkwkwk ceritanya memotivasi bgt kak, tunggu gue di ui ya kak! Salam STM wkwmwk

    ReplyDelete
  26. Kak saya anak smk basisnya di teknik kimia tapi mau pindah ke ips, ngambil akuntansi ugm atau ui, karna baca postingannya kakak saya jd tambah kuat keinginan buat masuk ptn favorit dan pindah ke ips, banyak ngak kak anak smk di akuntansi ui?? , semoga kita bisa satu almamater ya kak
    Aamiin

    ReplyDelete
  27. Hallo kak, aku anak smk jurusan adm.perkantoran kalo misalkan aku berubah passion pengennya matematika Ui, karna memang matematika matpel favorit aku hehe. menurut kakak, lebih baik aku milih pnj administrasi niaga sesuai sama jurusan aku di smk (ya walaupun bukan passion aku) / keluar jalur milih matematika ui sesuai passion aku? Tapi sampe detik ini aku blm ada persiapan buat belajar sbm kak-_- tolong sarannya ya kak😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Nisa! Ada dua yang bisa aku sarankan.

      Pertama, kamu melihat dirimu 5-10 tahun ke depan sebagai apa? Kalau memang yakin di Matematika, kelak mau bekerja/berkontribusi kepada masyarakat sebagai apa? Coba deh browse pekerjaan yang bisa dilakukan sebagai lulusan jurusan matematika (atau cari tahu di anakui.com).

      Kedua, belajar! Jangan nunggu memutuskan baru belajar, nanti kamu terlambat lho! :)))

      Ketiga, kepikiran buat belajar coding gak? Suka matematika, kan? Kalau kamu minat, banyak tech startup yang butuh lho.

      Delete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Dulu di stm jurusan nya apa dan sekarang di UI jurusannya apa bang? Gue anak multimedia mau masuk Ilmu Komunikasi di UI bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu masuk Teknik Komputer Jaringan, di UI masuk Ilmu Sejarah. Kacau kan? :)))

      Delete
  30. Cerita ny menginspirasi sy bgt bang buat pngn lanjutin kuliah di UI. Sy skrg kls 12 Stm jurusan Teknik Listrik. Pengen bgt stlh lulus stm nnti bisa ikut SBMPTN& diterima di Fakultas Teknik UI. Tp di 1 sisi ngerasa takut jg, takut gk keterima di UI krna sainganny yg kebanyakan anak2 SMA yg udh dasarny paham betul dngn pljrn2 yg di uji kan di SBMPTN(pljrn2 SMA). Sedangkan pelajaran kyk gt gk diajarin di Stm, krna Stm lebih bnyk praktik dr pd teori. Tlng saranny bang biar sy bisa keterima di UI lewat jalur SBMPTN & sekalian minta saran jg jurusan2 di UI yg pas buat lulusan Stm Listrik kyk sy. Nuhun bang.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Permasalahan anak STM bahwa adalah merasa bahwa anak SMA lebih pinter daripada mereka, padahal banyak juga yang payah. Serius! Hahahaha. Saran saya, banyak-banyak baca/nonton Naruto. Cari tahu kenapa Naruto yang payah itu bisa jadi jago.

      Delete
  31. Abang sndiri diterima di UI lewat jalur ap?

    ReplyDelete
  32. seneng ngeliat tulisan nya! bikin motivasi meskipun ga bisa di pungkirin ada rasa pesimis ;(. aku anak smk jurusan kecantikan (pariwisata) pengen bgt masuk hukum ui jelas jelas beda banget .. ada rasa takut kecewa makanya berusaha se realistis mungkin, dan belajar. doain ya kak! ^^

    ReplyDelete
  33. Saya juga stm bang,mau masuk jurusan ilmu komputer,karena jurusan stm saya juga komputer...doain ye guys,ini juga diniatin dari kelas 10 buat belajar pelajaran sma...

    ReplyDelete
  34. Ka, saya mau masuk UI. Saya anak smk. Wktu itu kakak belajarnya materi sma dari kelas 10-12 atau kelas 12 aja? Saya mau ambil soshum. Mohon pencerahannya ka

    ReplyDelete
  35. Prediksi Togel HK Mbah Bonar 16 Desember 2019 Ayo Pasang Angka Keberuntunganmu Disini Gabung sekarang dan Menangkan Ratusan Juta Rupiah !!!

    ReplyDelete
  36. huu makasih kak aku jd semangat lagi! Aku dr smk pariwisata mau ambil komunikasi UI, udah mulai menguasai materi SMA tapi ya kadang suka minder aja gt haha

    ReplyDelete
  37. aku dari smk broadcasting. Dari awal pilihan disuruh bener-bener fokus pilih UI semua, SBM aku pilih UI dua duanya S1 kalau simak pilih vokasi s1 full 6 jurusan. semoga bisa tembus

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts