Ikan-ikan yang Menyedot

Ada yang udah pernah nyobain terapi ikan?


Siang ini, gue sempet nonton sedikit tentang terapi ikan di acara Koki Cilik (iya, gue mungkin udah terlalu tua untuk nonton acara yang ada ‘cilik-cilik’-nya). Di situ, diperlihatkan si koki cilik lagi jalan-jalan ke Sumatera Barat dan sempet nyobain terapi ikan yang banyak manfaatnya. Ketika menonton, ada pertanyaan yang berseliweran di kepala gue:

1. Apakah ini sebenernya acara memasak atau maenan ikan?
2. Kalau ini acara masak, kenapa dia maenan ikan?
3. Kalau ini acara ikan, kenapa dia nggak masak?

... iya, pertanyaannya emang gak kreatif.

Gue sendiri termasuk orang yang nggak begitu tahu dan ngerti tentang terapi ikan. Penasaran tentang cara kerja terapi ikan (disebut juga fish spa), gue coba cari informasi di internet. Dari internet, gue baru tahu kalo ternyata terapi ikan menggunakan ikan jenis tertentu, nggak sembarang ikan digunakan dalam terapi ini. Jenis ikan yang dipakai untuk terapi ini adalah ikan Garra Rufa. Julukannya adalah Doctor Fish (ya, dia gak bayar mahal kuliah buat dapet gelar dokter, bandingkan dengan kita). Ikan ini lebih aman dipakai buat terapi dibanding ikan Chin-chin karena dia gak punya gigi. Ikan Chin-chin sendiri punya gigi, jadi kalo ukurannya rada gede bisa bikin kulit agak lecet. Kasihan dia, gedean dikit, langsung gak laku.

Oke, berikut adalah perbedaan fisik antara ikan Chin-chin (gambar pertama) dengan ikan Garra Rufa (gambar kedua):





Bisa lihat perbedaannya? Jadi, elu nggak bisa pergi ke pasar beli ikan mas koki atau cupang buat nyari ikan yang keliatannya keren untuk terapi ikan. Lu juga gak mungkin nyerok-nyerok ikan yang ada di selokan supaya nggak keluar duit sepeser pun. Gak mungkin.

Katanya, ketika pertama kali memasukkan kaki ke kolam, kita bakal ngerasa geli gara-gara dikerumunin dan disedot-sedotin para ikan. Setelah itu, kita bakal ngerasain rileks. Masalahnya, apakah ikannya juga rileks dalam melakukan pekerjaan ini? Gue ngebayangin, kerumunan ikan yang terlihat bersemangat itu sebenarnya lagi ngomongin kita, para manusia....

“Coy, ampun dah ini kaki. Udah dicuci, tetep aja bau!” kata salah satu ikan, sebut saja Kani (bukan nama sebenarnya).

“Iya nih. Sikilnya, men, kagak nahaaan...” sambung Anik (juga bukan nama sebenarnya).

“Perasaan, orang yang tadi kakinya nggak begini amat, deh,” timpal Nika (lagi-lagi bukan nama sebenarnya).

“Iya, ini kaki terbuat dari apa, sih? Kalo nggak karena dibayar dan sumpah jabatan (inget, mereka dokter yang juga disumpah), gue gak bakal sudi nyedot-nyedot ini kaki deh,” tambah Ikan (nama yang bukan sebenarnya).

Pernahkah kita, manusia, menanyakan kepada ikan-ikan tak berdosa ini tentang perasaan mereka? Kita terlalu kejam. Kejaaaam!

Oke, gue terlalu lebay.

Terlepas dari itu semua, gue pengin juga sih, nyobain fish spa ini. Kayaknya seru aja. Tinggal cuci kaki, celupin ke kolam ikan, dan kulit gue pun akan semakin halus. Sejauh ini, gue hanya punya satu kekhawatiran (selain masalah duit yang lagi bokek) yang membuat gue mencegah melakukan terapi ikan,



gue khawatir, apakah ikan-ikan itu bakal nyangkut di bulu kaki gue?

Comments

Post a Comment

Popular Posts