Merasa Jenuh?

Langsung aja ya. Gausah pake babibu segala.

Merasa jenuh?
Mau tahu gimana cara menikmati hidup?
Gue membaginya menjadi tiga tahap sederhana.

Pertama, rasakan betapa membosankannya hiduplu. Kedua, syukuri hiduplu. Ketiga, rancang keseharian dan akhir pekanlu dengan kegiatan yang nggak biasa.

Menjadi karyawan memberi gue pelajaran mengenai betapa pentingnya akhir pekan. Bahwa, kesejahteraan mental menjadi sesuatu yang penting atau lu akan menjadi penganut ‘I hate Monday’. Nggak percaya? Silakan lihat fenomena sosial di sekeliling kita; bagaimana perilaku orang di jalan pada hari Senin, bagaimana Jalan Gatot Soebroto tetap akan macet meskipun udah tengah malem, bagaimana tempat karaoke juga akan penuh tiap Jumat malem. Oh, satu lagi: bagaimana komedi akan selalu mendapat tempat di hati masyarakat (ciailah).

Perhatikan juga fenomena hedonisme. Menurut pengamatan gue, orang jadi hedon karena kesejahteraan mentalnya terganggu. Mereka gila-gilaan kerja keras buat dapet uang banyak. Saking stress-nya kerja (disadari atau nggak), mereka berusaha menghibur hati dengan berbelanja ke mal-mal (which is itu menghabiskan uang yang mereka cari dengan kerja keras tadi sih). Jadi, siklus kehidupannya seperti hamster yang berlari di atas kincir dalam kandang mereka.

Gue nggak membenarkan atau menyalahkan mereka sih. Again, ini berdasarkan pengamatan gue. So, gue cuma mengamati, lalu menggambarkan keadaannya. Masalah kalian tersentil atau nggak, itu urusan kalian, hehehe.

Intinya, kalo kalian merasakan hal-hal di atas, selamat! Kalian udah jenuh. Sekarang, silakan melangkah ke tahap berikutnya.

‘Ngomong mah gampang, Bro. Prakteknya gimanaaa?’
Sini lu, biar gue kasih tau.

Meskipun gampang-gampang susah, mensyukuri hidup itu bisa dilakukan tanpa harus ke mal atau beli ini-itu di toko online, yah meskipun gue juga kadang suka begitu. Tapi coba deh, liat daun yang sesekali bergerak kena angin. Atau rasakan nikmatnya kasur pada momen elu rebahan setelah seharian beraktivitas. Uuuh…mantap! Terus kalo jalan lagi macet, jangan pikirin kapan nyampenya. Nikmatin aja sambil ngeliat apa yang ada di depan lu; orang yang senggolan terus minta maaf, orang yang geleng-geleng karena jalurnya dipotong pengendara lain seenak jidat, dan sebagainya. Gue bahkan sering ngelamun di jalan (yang ini jangan ditiru ya, kecuali kalo elu udah jago banget naik motornya, hehehe). Intinya, jangan buru-buru pengen nyampe.
Bersyukurlah atas setiap detail hidup, guys, dan lu akan merasa kaya secara mental.

Nah, yang ketiga ini mungkin yang paling aplikatif. Nggak terlalu filosofis kayak poin kedua ya, hehehe.

Gue selalu mencoba untuk berpikir out of the box. Melawan arus…
…bukan, bukan ngelawan arus di jalan terus ujung-ujungnya mingkem kena tilang. Bukan.

Ini maksudnya melakukan sesuatu yang nggak biasa. Misalnya, berangkat ngantor/ngampus pas masih gelap buat ngehindarin macet. Atau coba jalur berangkat-pulang yang baru. Kalo berangkat ngantor pas gelap masih kena macet juga? Yah, derita lu deh.

Selain itu, bisa juga pas wiken kita menghindar dari kasur saban kelar salat subuh. Ini nggak biasa sih (dan nggak gampang juga, namanya out of the box selalu nggak gampang di awal), tapi bukan nggak mungkin kok. Inget aja betapa wikenlu akan hancur kalo elu melewatkannya dengan tidur lagi. Daripada tidur, mending elu mandi terus dandan rapi kayak  mau ngantor/ngampus. Abis itu? Berangkat beneran deh. Rasakan sensasi jalan yang sepi. Wuiiiihh…nggak mungkin nggak seru! Yang biasanya ngerasain macet, terus tiba-tiba sepi gitu. Nikmati ketakjuban lu yang bisa sampe sekian menit lebih cepat dari biasanya.

Abis itu?
Ya pulang.

Kalo gue, sekarang ini gue lagi asik ‘memasrahkan’ playlist pada para penyiar radio setelah dulunya sangat mengandalkan stok MP3 di ponsel. Selain itu, gue juga mulai ngurang-ngurangin ketergantungan dengan internet+TV dan memerbanyak baca buku…biasanya sambil ngeteh atau ngopi pada pagi hari. Kembali ke masa lalu, di mana kehidupan menjadi tidak terlalu membosankan karena minimnya peran internet.
Beberapa orang temen gue melakukan ‘time traveling’. Mungkin dengan menikmati hal-hal yang semasa kecil mereka lakukan mulai dari baca Bobo, pake baju vintage, main Nintendo/Sega, dll. Intinya, hindari rutinitas dengan cara apapun!

Ini mungkin cuma sekelumit saran. Gimanapun, kalian yang paling ngerti dunia kalian sendiri. Dan tentunya ada buanyaaaak banget cara menyiasati kebosanan. Tapi, perlu diingat juga, jangan sampai rencana tinggal rencana. Teori tinggal teori. Yang penting coba dulu deh, siapa tau manjur. Hehehe.

So, what is your weekend plan?


-Pian-

Comments

Post a Comment

Popular Posts