Pertanyaan Sangat Penting

Di tengah bertebarannya kabar temen gue yang baru nikah, udah nikah, udah nikah dan udah bunting, sampe udah nikah dan udah punya anak juga, perjalanan kehidupan gue dalam menulis skripsi akhirnya sampai juga di tahap akhir. Dengan tetes mood penghabisan, gue yang udah mual sama Microsoft Word 2003 (iyah, udah ketinggalan 10 tahun dari Word terbaru) ini akhirnya menyerahkan skripsi ke dosen pembimbing.

Gue sangat hormat pada dosen pembimbing ini. Koreksinya rinci banget, kata per kata! Kadang koneksi antarparagraf juga dia perhatiin. Jadi detilnya dapet, 'big picture'-nya juga dapet. Gue rasa dia berbakat juga buat nulis skenario. Entahlah.

Saat hari pengumpulan skripsi,
Gue    : (sambil senyum-senyum dan membungkukkan diri kayak orang Jepang) Mas, ini skripsinya udah jadi. Silakan diperiksa.
Dosen : Oh, oke. Mana coba saya lihat HALAMAN PERSEMBAHAN-nya.

Gue mikir sambil ngebatin. Hah, kok halaman persembahan? Kok bukan pembahasannya? Apa dia mau lihat ucapan terima kasih buat dia? Iya kali ah, takut disangka mahasiswa yang lupa sama kulitnya. Eh, maksudnya kacang lupa sama dosennya. Ah, pokoknya begitulah!

Gue    : Ucapan terima kasih buat Mas ada di depan, Mas...(sambil nunjukin tulisannya).
Dosen : Bukan. Ucapan terima kasih buat 'si dia'. Ada nggak?

Wow, dosen gue kepo.

Gue   : Ada, mas, di sini. (Pasrah nunjukin. Daripada ntar nggak dilulusin).

Rian, temen sejurusan yang mau ngumpulin skripsi, berusaha nahan ketawa, "Hmmpffhmmpff...." Iya. Agak susah ngegambarin ketawanya. Yang jelas, ekspresinya minta dijitak pake ulekan sambel.

Dosen : Oooh...iniiii. Hmmm. Anak mana? Fakultas kita juga? Angkatan berapa?

Wow, dosen gue double kepo.

Gue    : (menghela napas) Sastra Inggris, Mas....
Rian   : Hmmpppffhmmmpppffhhhmmpppfff.
Dosen : Kalo gitu, kamu harus memastikan...

Mukanya serius. Ini pasti penting.

Dosen : ...bahwa pacar kamu mungkin nggak menulis nama kamu di bagian 'Halaman Persembahan'-nya.
Rian    : BUAHAHAHAHAKemaap, Mas.

Iya, dosen gue ngajarin insecure. Nggak ngerti lagi gue kayak gimana masa kuliahnya dulu.

Gue     : Udah Mas, udah saya cek kok. Ada nama saya di situ.
Dosen : Kamu yakin nggak dihapus? Entar pas mau nyerahin, dihapus lho. Cek lagi, lah!
Gue    : ....Iya, Mas. Iya.
Dosen : Ntar dia dateng nggak, pas sidang?
Gue    : Nggak tau, Mas, takutnya jadwal kami bentrok.
Dosen : Suruh datenglah! Pacarnya masak nggak dateng sih.
Rian    : (gerakannya makin sulit digambarkan, antara setengah mati nahan ketawa atau joget)
Dosen : Oke, kalo begitu. Sudah bisa diserahkan.
Gue    : Baik, Mas. Terima kasih...


...lah, YANG DICEK HALAMAN PERSEMBAHAN DOANG??
Bab satu?
Bab pembahasan??
Daftar referensi???


Kelar cium tangan dosen pembimbing, gue keluar dari gedung dosen... diiringi oleh 'Hmmppfffbuahahak' punya Rian selama beberapa menit.


Comments

  1. Gue nulis ini sambil ngebayangin mukanya si dosen pembimbing lo ngomong itu. HAHAHAHAHA

    ReplyDelete
  2. Anjir ngakak =))

    ReplyDelete
  3. @Crystal: Maksudnya elu baca kali ya, tal? Hehehehe.
    @Rogi: Elu emang pembaca setia dari jaman friendster gie. Smooch dulu ah. :*

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Semacem chiki ya, makanan ringan. (bodo amat yang penting ringan!)

      Delete

Post a Comment

Popular Posts