Cinta Monyet 2

Masih berkaitan dengan cinta monyet. Gue paham ini absurd (dan gue emang nyaris selalu absurd), tapi sepertinya nggak ada salahnya kita menerapkan salah satu elemen cinta monyet yang bikin gemes itu: rasa malu.

Gue pikir, kayaknya hidup kita ini semakin frontal. Udah terlalu frontal, malah. Menurut gue, kita terlalu blak-blakan di segala bidang, terutama di dunia maya. Dunia maya jadi wilayah yang lawless.

Contoh paling gampang bisa diliat di Twitter, sekarang udah banyak akun-akun yang menyajikan kelabilan mahadahsyat dalam tweet-tweetnya. Pernah nggak sih kalian liat akun Twitter yang kata-kata dalam tweet-nya didominasi oleh tanda seru dan caps lock? Dan selaluuu aja ada ABG labil yang pengin marah ke seseorang yang dia kenal tapi mentok di #nomention sambil retweet rangkaian tweet akun tadi, jadi dia rituit deh itu akun.

NGERTI GAK SIH LO, GUE TUH SEBENERNYA SAYANG ELO! #nomention”

LO NGERTIIN DONG PERASAAN GUE! #nomention”

OH, JADI SEGINI DOANG? KATANYA SAYANG. OMONG KOSONG! HUKUM MATI, DIA!
Nah, yang ini ujungnya udah kayak dialog film Cina.

Yang bikin kesian, obyek emosinya nggak baca, tapi orang lain yang follow dia malah tersinggung. Runyam deh. Nah, kalo kamu adalah salah satu orang yang follow akun tersebut, buruan unfollow demi kesehatan mental kamu nantinya. Indonesia butuh generasi kalem-tapi-cerdas, bukan yang emosian dan labil kayak gini.

Mari kita bercinta monyet. Bukan berarti pergi ke Ragunan terus cipokan sama simpanse, bukan. Tapi merasakan feel cinta monyet itu sendiri. Naksir orang nggak masalah, pun dengan perasaan bete yang berkaitan dengan orang itu, tapi mengumbarnya itu yang nggak asik. Takutnya orang lain malah jengkel, broh.

Dalam cakupan yang lebih luas, kalo kamu udah ngerasain kembali cinta monyet, indikatornya bakal jelas: setidaknya kamu akan selalu semangat tiap berangkat sekolah/kuliah/kerja tanpa ngeluhin macet. Bahkan, kalo cinta itu bertepuk sebelah tangan, budaya malu dalam cinta monyet itu juga akan mencegah kamu untuk frontal di Twitter, Facebook, media sosial lainnya. Yah mungkin cerita sama sahabat dekat bisa membantu, tapi nggak sampe ngomel di socmed juga. Dampaknya, integritas kamu terjaga dengan baik. Cinta monyet mungkin polos, tapi budaya malu di dalamnya adalah kedewasaan…setidaknya bagi gue.

So, tunggu apa lagi?
Beranikanlah diri lu untuk menjalani hidup yang lebih berwarna…senorak dan semalu warna cinta monyet! :-p


Temenmu yang kepengin cinta monyet tapi nggak mirip monyet,

Fian.


Comments

  1. Topik yang sudah langka di zaman sekarang..

    ReplyDelete
  2. aaaak, gue suka banget banget sama postingan lu yang ini!!
    *lho, kok gue jadi gak malu gini ya mengungkapkannya?*
    oh, well, nive share, though *malu*

    ReplyDelete
  3. Like this. Pendewasaan pola pikir yang dituangkan ke dalam sebuah tulisan.

    Salam buruh.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts