Wanita dan Jalan Raya

Jadi,
kalau kemarin gue ngepost di tengah hantaman badai UAS (Ujian Akhir Semester), kali ini gue melakukan hal yang sama dalam keadaan sedang menilai kinerja dosen. Keren, kan?

Kampus gue punya sistem yang saling menilai. Dosen menilai hasil kuliah mahasiswa, mahasiswa menilai gimana dosen ngajar. Caranya, kita ngisi kuesioner dengan ngasih skor antara 1-6 untuk tiap pertanyaan. Dia beres nggak tuh, ngajarnya. Kalo beres dan kita bener-bener puas, kasih 6. Kalo ini dosen relatif resek (dan kita cukup kejam untuk bales dendam), kasih nilai 1. Gue, sebagai mahasiswa yang udah diajarin konsep sedekah, punya prinsip.

Kalo lu mau pinter, ajarin orang lain...
Kalo lu mau kaya, rajin ngasih duit ke orang lain...
Kalo lu mau IPK bagus, pacaran sama anak dosen...

...eh, bukan. Maksudnya, baik-baikin dosen.
Tanpa ragu, nyaris semua pertanyannya gue kasih nilai 6! Yoi gak? Sedekah dong gue? Iya dong?


...ah, malah riya'. Gapapa deh, yang penting IPK bagus!

***

Pagi ini, dalam suatu sesi minum teh bersama keluarga tapi boong, Nyokap cerita tentang temennya.

"Kemarin waktu pulang belanja, Bu Jemi ngebut, lho! Kenceng banget!" Nyokap membuka pembicaraan.

"Lah, bukannya dia nyebrang jalan aja takut, Mah?"

"Ini juga dia naik motor sering takut, sebenernya. Suka goyang-goyang gitu."

"Terus, kenapa dia tiba-tiba ngebut gitu?"

"Mama juga awalnya bingung. Mama kan belanja sama dia. Nah, karena belanjaan Mama banyak, jadi naik ojeg. Dia naik motor sendirian. Nah, tau-tau Bu Jemi ngebut aja. Kita kejar dong!"

Gue mulai ngebayangin Nyokap, dari atas motor, memberi komando pada tukang ojeg sambil nunjuk, "Kejar motor itu! Sekarang!" Segalanya bisa terjadi, kan? Ya, dong? Ya, kan? Ya, dong? Ya, kan?

Nyokap ngelanjutin ceritanya. "Di pertigaan dia berhenti. Pas kita samperin, keliatan banget mukanya tegang. Terus dia bilang sama Mamah, 'Bu Wul aku abis nyerempet mobil orang! Mana mobilnya mahal lagi'. Gitu, Mas."

"Yaelah."

Cerita Nyokap bagi gue adalah secuil dari cerita ibu-ibu di jalan raya. Gue heran. Di ruas jalan manapun di seluruh Indonesia, ibu-ibu yang naik motor bisa dibilang punya kesaktian tersendiri. Nggak percaya? Liat fakta ini.

  1. Kita nggak bakal berani deket-deket dia, apalagi kalo posisi kendaraan kita di belakangnya. Iya, takut dia ngerem mendadak terus jebret tabrakan.
  2. Kalopun sampe tabrakan, sesalah apapun dia pasti kita nggak berani ngapa-ngapain. Bahkan, kadang kita yang refleks minta maaf. Temen gue, Imam, adalah contoh yang baik soal kasus ini. Sukses tabrakan karena ibu-ibu di depannya ngerem mendadak, itu anak masih aja bisa bilang 'Gapapa kok, bu, gapapa. Hehehe.' Coba bayangin kalo yang ngerem mendadak itu cowok, apa nggak digebukin sampe jelek?
Sebenernya, gak perlu harus jadi ibu-ibu juga sih biar bisa dapet respek di jalan. Gue sangat menyayangkan tindakan emosional orang-orang kalo lagi berselisih di jalan raya. Kalo udah ngeliat kejadian itu, gue punya dua kesimpulan: itu motor kreditnya belum lunas, atau mungkin pola pikirnya masih kurang. Kalo itu orang cukup terpelajar, mungkin gak perlu sampe berantem. Terpelajar di sini bukan secara status lho, tapi secara pola pikir. Jadi lulus sarjana nggak pasti bikin kamu masuk kategori terpelajar kalo ngadepin segala sesuatu aja masih emosional.

Gue nggak ada maksud macem-macem dengan nulis cerita ini. Gue cuma mau ngajak semua yang banyak untuk lebih kalem di jalan raya. Nggak ugal-ugalan. Kalem juga kalo kena kecelakaan. Namanya juga musibah, nggak ada yang mau/suka, kan?

Yaa gue ngomong gini buat diri sendiri juga sih. Buat pengingat juga biar lebih sabar di jalan, hehehe. Nggak peduli kamu alay atau ibu-ibu, hehehe....


...dan sori kalo jadi nggak fokus gini. Gue sambil nonton Haji Sulam.

Comments

Post a Comment

Popular Posts