Muhammad Icha


Icha adalah nama cewek Indonesia paling populer saat ini. Selama 22 tahun gue hidup di dunia dan serta 17 tahun meluaskan lingkaran pergaulan, udah nggak keitung berapa orang cewek bernama ‘Icha’ yang gue kenal, dari yang pinter, yang jago masak, yang centil, sampe yang berkelamin perempuan. Gue yakin, hampir setiap orang Indonesia (kecuali yang tinggal di pedalaman) pasti punya temen atau minimal pernah kenal orang yang namanya Icha. Bayangin aja, hampir semua jenis nama bisa dipanggil Icha!

Risa: Icha

Alysa: Icha

Hanisa: Icha

Nisa: Icha

Marissa: Icha

Larissa: Icha

Annisa (ini apa lagi): Icha

Kalo laki-laki, nama paling umum sejagad Indonesia didominasi oleh Muhammad, baik itu berbentuk Mohamad, Mohammad, atau Muhamad. Saking banyaknya orang yang pake nama Muhammad, kalo ada cowok nyingkat-nyingkat nama depannya yang berhuruf M, pasti kita nyangkanya Muhammad. M.Reza, jadi Muhammad Reza. M.Alamsyah, jadi Mohammad Alamsyah. Pokoknya gitulah.

Sayangnya, nama Muhammad lumayan sering dipanggil dengan semena-mena oleh orang lain. Tau kan, kalo nggak Mamat, ya Mamet. Oh iya, ada juga tuh yang manggil Mumu. Biar imut, mungkin.

Balik lagi ke Icha.

Dari pergaulan bertahun-tahun itu, gue punya satu formula/rumus supaya lu bisa dipanggil Icha. Apapun suku kata awalnya, selama nama belakang lu berakhiran ‘sa’, insya Allah itu udah memenuhi syarat buat dipanggil ‘Icha’. Kalo mau gaul dikit, ‘Cha’ aja udah cukup. Mau terkesan pinter pelajaran Kimia? Ganti jadi CH4. Iya, rata-rata alay biasanya pinter Kimia.

Tapi nggak mesti gitu juga sih. Baru-baru ini gue nemuin temen bernama Mutiara Shaputri. Dari struktur namanya aja udah jelas tertutup kemungkinan bagi dia buat pake nama ‘Icha’. Tapi gue denger, dia di rumah dipanggil Icha.

Gue nanya, “Kok lu bisa sih, dipanggil Icha? Kan nggak ada hubungannya sama nama lu.”

“Bisa dong. Kan itu gabungan nama bokap-nyokap. Nyokap gue namanya Ida. Bokap gue Chandra. Jadilah Icha,” katanya.

“Lah.”

Oke, ternyata bisa juga nama panggilan Icha itu diambil dari gabungan nama Ortu. Agak maksa sih. Tapi gapapa. Yang penting 'Icha'.

Jadi, ada yang bernama Icha di sini? :)


Comments

Post a Comment

Popular Posts