Social Life


Menurut gue, hari gini ‘social life’ adalah salah satu alesan paling popular setelah ‘macet’. Kalo dulu (dan sampe sekarang juga kayaknya), kalau kita ditanya,

“Udah jam berapa nih? Kok telat sih?”

Jawabannya kira-kira adalah, “Sori nih, macet.”

Jaman sekarang, saat suatu tujuan nggak berhasil buat dicapai, ‘social life’ adalah alesan yang umum dipake buat ngehindar.

“Lu ikut fitness, tapi kok badanlu gak kurus-kurus sih?”

“Sorry, gue ikutan fitness cuma buat social life, sih….”

Minta digores, nih anak.

Gue mungkin adalah satu dari sedikit anak manusia yang nggak ngerti sama orang-orang semacam ini. Orang ikut fitness ya karena emang peduli sama badannya. Kalo nggak ngebentuk tubuh jadi langsing/berotot, ya buat kebugaran (=fitness).

Tapi orang-orang ini, yang menyuruh temennya ngegedein otot bisep padahal lemaknya aja bakalan susah buat ditotok sama pendekar kung fu, dateng ke gymnasium cuma buat social life. Padahal, seberapa banyak sih jumlah orang-orang di sana? Apa lu kenal mereka semua? Belum tentu juga, kan? Ini sama aja kayak elu eksis mainan Facebook, Twitter, dan Google+ di gadget masing-masing, tapi nyapa orang lain aja males.

…, gue jadi mikir deh. Apa mungkin kegiatan karang taruna emang perlu digalakkan lagi? Biar mereka bisa melakukan social life yang bener-bener social gitu.

Entahlah.

Yang gue bisa notice dari orang-orang semacam ini adalah:

  1. Mereka berasal dari golongan ‘the have’
  2. Lingkaran pergaulannya terbatas.
  3. Manja (sekaligus bossy), doyan nyuruh-nyuruh

Gue pernah tuh, diajakin main bulu tangkis sama temen-temen. Nah, salah satu dari mereka, namanya A, ngerasa nggak sabar karena mau fitness sekitar setengah jam lagi. Gue disuruh buru-buru tag tempatnya. Nggak ada yang salah sih sebenernya, cuma A ini nyuruhnya agak sarap juga. Boro-boro pake kata ‘tolong’, nyuruhnya aja ketus, kayak adegan ibu tiri nyuruh anaknya yang dialihfungsikan jadi pembokat.

Singkatnya, gue bikin kesepakatan sama yang pake lapangan supaya kita bisa gantian pakai. Deal. Oh iya, kita juga diajakin main bareng. Gue pikir, apa salahnya main sama anak-anak ini? Gue setuju.

Entah nggak nyimak kesepakatan itu atau gimana, ini orang masih aja nyuruh-nyuruh biar cepetan beberapa menit kemudian. Gue ngerasa nggak enak bukan cuma sama anak-anak yang lagi main, tapi sama dia juga. Akhirnya, gue diem sebentar, terus berusaha kasih pengertian sama temen gue ini.

Akhirnya giliran kita main tiba juga. Gue mendahulukan A untuk main duluan karena dia mau pergi sebentar lagi. Tapi, ngeliat lawannya anak-anak yang jarak umurnya approximately 8 tahun, dia jadi males main. Padahal, mereka mainnya oke kok. Saat inilah, asumsi-asumsi bermunculan:

  1. Apakah mungkin dia menganggap remeh anak-anak ini?
  2. Apakah mungkin dia ngeri juga ngelawan mereka mengingat badannya yang, ehm, ‘berisi’?
  3. Apakah dia ke sini, nyamper gue ke rumah dan main bulutangkis, cuma buat social life?
  4. Apakah hubungan Krisdayanti dan Raul Lemos oke-oke saja?

Gue berusaha membujuk A, tapi dia tetep aja nggak mau. Sebagai orang yang paling semangat nyuruh, dia malah nggak mau main dan nyuruh gue buat main. Sementara itu, anak-anak di seberang lapangan udah menatap kita dengan tatapan iba (hehehe, aneh juga ngetik bagian ini). Temen-temen gue yang lain juga entah kenapa udah pada nggak semangat (mungkin poin-poin di atas juga bisa dipakai buat mereka). Setelah gue membujuk salah satu dari mereka, bahkan sempet memutuskan buat main sendirian, akhirnya ada juga yang mau nemenin. Si A? Sama sekali nggak main dan akhirnya pulang, itu juga minta anterin temen yang lain ke rumahnya pake mobil. FYI, jarak lapangan ke rumahnya sekitar 300 meter aja.

Lewat tulisan ini, gue bukannya mau cerita aib orang. Gue hanya mau kasih tau:

  1. Kalau mau minta tolong, ucapkan ‘tolong’. Bersikap bossy hanya akan bikin orang lain jengkel.
  2. Hargai bantuan orang lain, sekecil apapun itu. Pernah gak, kita mengucapkan terima kasih atas bantuan orang lain dengan senyum dan orang itu girang? Itu wajar, karena fitrahnya manusia emang seneng dihargai. Selain bikin orang lain comfort, kita juga kadang ikutan seneng ngeliat wajah sumringah mereka.
  3. Nggak perlu gengsi bergaul dengan orang yang beda umurnya signifikan, misalnya dalam hal bulutangkis tadi. Tunjukkan bahwa kita rendah hati. Kita juga perlu berjiwa besar, siap kalah oleh siapapun termasuk anak-anak.
  4. Guna alesan social life lahir ke dunia adalah supaya elu bener-bener menjalani kehidupan dengan berjiwa sosial (ini menurut gue lho ya). Kalo ngebujuk anak-anak buat gantian lapangan aja nggak bisa, lebih baik nggak usah bawa-bawa kata itu deh.
  5. Udah, segitu doang.

Anyway, maaf banget kalau ada di antara kamu yang merasa tersinggung sama tulisan ini. This is just a writing. Kalau ada manfaatnya, silakan ambil. Kalau nggak, ya tetep ambil juga dong! Hehehe. :D

Comments

  1. Oh iya, tulisan ini masih draft 1 dan gue buat waktu lagi ngantuk-ngantuknya, bahkan sempet ketiduran di depan laptop. Jadi, maaf yah kalo masih ada kekurangan di sana-sini. :p

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts