How to be A Billionaire


Gue, sebagaimana orang-orang waras pada umumnya, kepengin jadi orang kaya. Untuk mencari tahu gimana cara jadi kaya selain ngandelin dukun, gue membaca artikel tentang orang kaya dan bagaimana mereka mencapai kekayaannya. Salah satu bacaannya adalah artikel Shaun Rein yang gue dapet dari Forbes edisi 17 Februari 2010. Artikel ini baik untuk menyegarkan kembali pikiran kalian yang mungkin udah ngerti bahasannya. Bagi yang belum tau, ya baik untuk pengetahuan kalian juga. Gue akan mencoba menceritakan lagi artikel ini dengan gaya sendiri yang tentunya, ehm, belepotan.

Here we goes, how to be a billionaire....

1. Nggak Takut Gagal

Kebanyakan respondennya, yang menurut pengakuan Mr.Rein ini tajirnya alaihissalam, mengaku pernah gagal minimal sekali. Nah, kok bisa? Ya karena nggak mungkin juga mereka jualan keong atau ngecat anak ayam warna-warni di samping SD terus bisa beli rumah tingkat atau mobil sport… apalagi orang yang kerjaannya tiap hari cuman main remi atau catur di bawah pohon. Maksud gue adalah, mereka mungkin main aman dalam bisnisnya, tapi sesekali ambil risiko juga. Dan risiko yang patut diambil adalah yang sifatnya calculated risk. Bukan yang asal nekat kayak koboi Marlboro.

Kalo udah gitu, biasanya berlaku pepatah Indonesia, “Sepandai-pandainya tupai melompat, suatu ketika ia akan jatuh juga.”

Gitu nggak, sih, kalimatnya? Lupa gue.

Intinya adalah, yang namanya manusia itu mesti ada aja khilafnya. Mereka udah bikin rencana secara rapi, tau-tau ada aja yang gagal. Kabarnya baik adalah mereka nggak pernah kapok meski gagal. Daripada bikin trauma, kegagalan justru mereka pelajari supaya nggak jatuh ke lubang yang sama. Persis mahasiswa ilmu sejarah gitu lah! (hasseeeek….)

Jadi, jangan pernah takut gagal. Tapi jangan konyol juga. Perhitungkan segalanya dengan baik dan cermat, lalu ambil keputusan!

2. Berpikir Secara Kreatif

Berpikir kreatif di sini bukan berarti elu main origami terus tiba-tiba ditimpuk pake duit segepok dari semak-semak (kenapa harus semak-semak, sih?). Kalo urusannya segampang ini, jangankan ditimpuk...digaplokin pake duit juga gue mau asal duitnya asli dan bisa gue bawa pulang. Hehehe....

Maksud berpikir kreatif di sini adalah berpikir solutif ketika elu lagi ada masalah. Kalo temen lagi misuh-misuh, tanya kenapa, mungkin elu bisa bantu. Ambil inisiatif untuk jadi bagian dari solusi alih-alih menambah masalah. Kalo gak bisa menyelesaikan masalah, minimal ringankan masalahnya.

Sekedar tips, kalo ingin berpikir kreatif, usahakan untuk membebaskan imajinasi dan pola pikir kita. Maksudnya, berpikirlah out of the box. Kenapa begitu? Karena kadang-kadang dibutuhkan pemecahan yang nggak lazim (bahkan cenderung ekstrem) untuk sebuah masalah yang kelihatannya pelik. Dalam problem solving, usahakan untuk mempertahankan sikap percaya diri, yakin bisa menyelesaikan masalah apapun. Ini kedengerannya agak sombong sih, tapi untuk orang-orang yang mengalami krisis kepercayaan diri, metode ini cukup berhasil lho. Lagian, bukannya Allah udah ciptakan kunci jawaban untuk setiap masalah? Nggak ada masalah yang nggak bisa dipecahkan.

Masih gak bisa juga? Jangan panik, cooling down aja dulu. Kalo udah seger, dilanjutin lagi deh, mikirnya! Mekanismenya sederhana, didasari oleh itikad baik, dilanjutin dengan pemikiran kreatif, diakhiri dengan win-win solution. Gitu, bos.

3. Menikah

Iya, ini emang masuk kategori ekstrem. Menikah itu kadang lebih mirip bisnis properti, kalo dapet pasangan yang pas, lu bakal beruntung banget. Kalo gak, sabar aja deh. Hehehe. Mengenai gimana dapet pasangan yang pas itu, gue nggak bakal bahas di sini.

Kenapa kita masuk kategori beruntung kalo dapet pasangan yang pas? Karena kita bisa dapetin partner hidup yang mengingatkan ketika ‘di atas’ dan tetap mendukung (bukan menyalahkan) ketika sedang ‘di bawah’. Pernah denger kata-kata yang mirip ini, “Di balik kesuksesan seorang pria, selalu ada wanita yang mendukung di belakangnya”? Nah, intinya kurang lebih begitu.

Berhubung gue gak punya pengalaman menikah maupun menjadi konsultan pernikahan, bahasan poin ketiga gue cukupkan sampai segini.

4. Udah, segitu doang.

Eh, udah selesai ya? Lhooo...kok cuma segitu doang? Ya emang inti artikelnya (yang bisa gue tangkep) cuman segitu.

Oke deh, kalo begitu. Selamat mempraktikkan poin-poin ini sebisanya (yang belum sanggup lahir-batin untuk menikah, ya ntar dulu). Semoga bermanfaat. Cheers!


(nb: Judul postingan ini gue ambil dari judul asli artikelnya.)



Comments

  1. Maaf nih sebelumnya klo komennya agak melenceng. Cuma mau tanya, zulfyan pernah kepikiran bwt terjun di dunia perfilm-an? Bkn jd artisnya tentunya, nanti filmya gak laku (piss ^^), tp jadi penulis naskah atau sutradaranya gitu? Atau mngkn bikin film dr buku sendiri? Mngkn bisa dipertmbngkn, siapa tau nanti bisa jd billionaire jg hehe...
    Kasian para penikmat film di Indonesia. Stlh film Hollywood dilarang msk, masyarakat kayak gak punya pilihan lain selain nonton film horor yg aneh atau komedi yg ga berbobot. Kayaknya momen ini shrsnya dimanfaatin sama smua penulis atau sutradara berbakat bwt kasih something new gitu…
    Sebuah karya yg fresh, bermanfaat, dan berkualitas. Itu mnrt sy sih, atau sy ketinggalan info terbaru ya seputar perfilm-an? Sdh ada yg new kah?

    ReplyDelete
  2. @AKATSUKI: Iya, ya, betul juga. Kepengin sih, kalo ada produser yang mau...:-p

    ReplyDelete
  3. Amiin. Sy doain deh, mudah2an ada produser yg khilaf yg mau bekerja sama ^^
    Mngkn diary dodol atw panjul's diary boleh jg klo difilm-in, meskipun panjul's diary blm baca sih hehe..
    Td liat di toko buku masjid ui, tp apa daya uang tak ada, maybe next time (ups, jd curhat)
    Intinya, sy dukung deh klo mo terjun di dunia perfilm-an..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts