Biji Mahoni

Dari dulu, gue selalu mikir, darimana gen jahil gue diturunin. Bokap, atau nyokap?

Pagi ini, gue menemukan jawabannya....

Kejadian bermula waktu gue lagi ngegantiin tugas bokap bermain laptop. Selesai ngepel lantai, gue mengambil alih komando pemegang laptop. Begitu laptop udah di tangan, bokap masuk kamar. Nggak lama, beliau keluar lagi bawa-bawa seplastik buah segede kakao yang gue nggak ngerti itu apaan. Beliau duduk di samping gue.

"Apaan tuh, Pak?" tanya gue.

"Buah mahoni", jawab bokap.

Aha! Otak gue yang IQ-nya termasuk rata-rata cerdas dengan cepat mengidentifikasi fakta bahwa yang namanya buah mahoni itu punya biji, dan biji mahoni itu pahitnya minta ampun. Makanya, kalo mau tidur bebas dari gangguan nyamuk tanpa antinyamuk apapun, biji mahoni inilah jawabannya.

Sedikit-sedikit, buah mahoni itu dikelupas bokap buat diambil bijinya.

"Nemu di mana, Pak?" itu gue yang nanya.

"Di jalan, waktu pulang dari rumah temen", iya, bokap gue ini emang gaul banget. Malem sabtu ke rumah temen. Anaknya? Istrinya? Ngendok di rumah. Selain gaul, bokap juga doyan mungut. Oke, gak penting.

"Ooo...."

Balik ke masalah biji mahoni, gue sendiri agak ngeri sekaligus penasaran juga sama pahitnya biji mahoni yang 'melegenda' itu. Tapi, ada untungnya juga lho. Ya itu tadi, bebas gigitan nyamuk. Udah merupakan rahasia umum bahwa gue itu ganteng. Dan udah jadi pengetahuan umum juga kalo nyamuk yang gigitin manusia itu adalah nyamuk betina. Ngerti dong, korelasinya? Hehehe...apa? Mau muntah? Monggo....

"Nih, pegang", kata bokap.

Setelah dikupas dari buahnya, biji mahoni kelihatan seperti kuaci yang disuntik sejumlah hormon biar jadi gedean dikit. Kalo biji kuaci itu ukurannya kira-kira dua kuku kelingking disatuin, biji mahoni dua kali lipatnya itu. Warnanya sih sama, putih. Sempet gue ragu-ragu, gue makan nggak ya? Akhirnya nggak jadi. Gue cuman berani ngeliatin aja gitu.

"Sini, bijinya", bokap yang ngomong.

Gue kasih itu biji ke bokap.

"Sekarang, jilat jarimu yang tadi megang biji mahoni", bokap ngomong lagi.

Gue jilat itu jari...

Gue rasakan sensasinya....



pahit



...nggak, PAHIT BUANGET!!

Gue mulai meringis, sementara bokap ngakak begitu aja sambil makan itu biji sialan. Habis makan, langsung ngeloyor kemana tau. Oh iya, dulu pernah dia bilang, dia sanggup makan itu biji sampe 4 biji sekaligus. Tapi dia lebih milih makan 2 biji seminggu. Tapi BUKAN ITU MASALAHNYAAA. Masalahnya adalah pahitnya itu lho, gila buanget! Makin dirasa, makin pahit. Kepikiran gue buat ke dapur nyari air, tapi males. Paling-paling berapa detik kemudian juga hilang. Itu asumsi gue, si anak sok tau...

...nggak taunya, pahitnya awet sampe bermenit-menit kemudian. Bahkan sampe gue nulis cerita ini.


Sekarang, gue udah sadar dari mana sifat iseng gue ini diturunkan....



Oh iya, happy long weekend, ya, buat kalian yang merayakan....

Comments

  1. dimakan buat apasih?

    ReplyDelete
  2. Biar nyamuk nggak doyan darahmu. Jadi gak bakal digigit nyamuk meski tanpa antinyamuk apapun. Habis makan biji mahoni, coba aja tidur di hutan. Insya Allah gak digigit...:D

    ReplyDelete
  3. Jadi, kira-kira gw tidur di hutan itu ngapain ya, pik?

    ReplyDelete
  4. ngetes biji mahoni sekalian nantangin anak-anak Paskhas....

    ReplyDelete
  5. Waduh, ekstrem banget sampe tidur di hutan. Emang sih ga digigit nyamuk, tapi mungkin bisa digigit ular atau... hii..
    Btw my father juga pernah tuh bawa biji mahoni (bapak2 kenapa suka mahoni ya??)
    Emang pahit buanget, mantap!

    ReplyDelete
  6. Hmmm... kenapa, ya? Itu dia yang gue juga bingung. Emang kenapa, sih?? *ah, gue malah nanya balik.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts