MOS, OSPEK, dan tetek bengeknya.

Males.

Kurang lebih udah sebulan gue jadi mahasiswa baru. Dalam kurun waktu segini, harusnya gue masih ‘menggebu-gebu’. Minimal, ngerasa biasa aja lah. Tapi, kenapa yang terjadi malah sebaliknya??

Kalo gue boleh flashback, waktu baru sebulan jadi anak STM, gue mah nyantai-nyantai aja. Lalu, gue coba compare dengan saat ini; apa yang salah?

Ini yang gue kambing hitamkan; ospek.

STM gue, Pembangunan Jakarta, ngadain MOS cuman 3 hari. Tepar sih, tapi nggak berlarut-larut. Makanya, kita bisa langsung fokus ke pelajaran. Pokoknya, bulan September udah waktunya serius belajar deh! Termasuk anak-anak yang dapet ‘wajib militer’ dari paskib gara-gara PBBnya kelewat bagus (salah satunya gue). Kenapa? Sekolah gue punya tradisi, anak-anak yang mengibarkan bendera saat upacara 17-an adalah siswa tingkat 1 yang dibina sama paskib. Oh iya, dalam kurun waktu segitu, pelajaran biasanya masih nyantai abis.

Kampus. Ada ospek universitas, ospek fakultas, dan ospek jurusan. Itu belum termasuk Orientasi Belajar Mahasiswa (OBM) sama latihan padus buat wisudaan yang lumayan nyedot energi juga. Untuk tingkat universitas dan fakultas aja, gue udah ngos-ngosan ngikutinnya. Bener-bener ngos-ngosan sampe beberapa kali gue mengalami sesak nafas, yang biasanya cuman gue alami kira-kira sekali dalam beberapa tahun. Jarang banget, lah. Gimana kalo gue ikut ospek jurusan? Paru-paru gue bisa jungkir balik.

Anyway, gue termasuk orang yang nggak suka dengan orientasi, kecuali OBM. Untuk hal ini, gue punya beberapa alasan....

Pertama. Sebagai siswa STM yang udah pernah ngerasain seperti apa dunia kerja itu, otak gue terstimulasi untuk menghubungkan apa yang kita dapat di lembaga pendidikan dengan apa yang bisa kita praktikkan di dunia kerja. Gampangnya, job minded...

...gitu nggak sih, istilahnya?
Gak tau dah. Ini kan karangan gue aja.

Karena itu, gue kuliah bukan buat main-main. Gue kuliah buat nyari apa yang gue butuhin buat karier gue di masa depan. Syukur-syukur kalo bisa gue terapin mulai dari sekarang. Lebih ‘berasa’, kan?

Kedua. Kesehatan. Psikis dan fisik. Oke, setiap manusia punya kelebihan dan kekurangan. Dan menurut gue, kekurangan utama gue adalah soal kesehatan. Gue orang yang gampang tumbang. Semakin banyak have-to-do things di otak gue, semakin cepet capek gue. Gue jadi nggak fokus sama apa yang gue jalanin.

Kata emak gue, dari kecil gue udah penyakitan. Dulu, nyaris tiap bulan gue ke rumah sakit. Ada aja penyebabnya. Gue juga sempet ngerasain nelen kira-kira 12 tablet obat sehari dalam kurun waktu setahun saat paru-paru gue ‘ngebul’. Istilah kerennya, flek.

...gitu nggak sih, istilahnya?
Gak tau dah. Ini kan tulisan gue aja.

Tulisan aslinya? Tanya dokter.

Gue juga baru tau kalo gue punya riwayat nggak enak soal jantung. Gue nurunin bokap gue untuk jantung lemah. Pantesan, begitu jarang jogging, badan gue jadi not delicious. Orang-orang yang bermasalah dengan jantungnya biasanya melakukan latihan yang sifatnya kesinambungan. Istilah gue, cardio-sport. Misalnya, lari, cycling, renang, dan jalan cepet. Pokoknya, yang nggak pake adegan berhenti deh.

Secara mental, gue kayak punya phobia (atau mungkin traumatis) dengan bentakan dan intimidasi. Walhasil, gue jadi agak ‘rebel’ kalo dimarahin atau dipaksa melakukan sesuatu yang gue nggak mau/suka. Bokap gue, setelah nyadar akan hal ini, nggak pernah lagi marahin gue atas kesalahan yang gue lakukan. Beliau ngasih tau dengan cara baik-baik.

Marah-marah nggak mempan untuk menyadarkan gue. Itu malah bikin gue pengin nabok.

Selain itu, gue masih punya alasan terakhir. Ramadhan. Saking sibuknya, gue jadi kesulitan ‘menikmati’ Ramadhan. Perasaan susaaah banget nyari waktu buat berduaan sama Rabb. Allah subhanahu wa ta’ala.

This is something dangerous for me. Saat lu jauh dari Tuhanlu, biasanya itu ngaruh ke keimananlu. Makanya, gue nggak heran kalo ada mahasiswa setingkat di atas gue yang udah nggak solat sejak Oktober 2008 (kalo nggak salah). Gue sendiri udah mulai ngerasain dampaknya. Shalat males-malesan. Tadarrus males-malesan. Ngaji/mentoring males-malesan. Alhamdulillah, gue tetep ganteng...

...maksudnya, gue nggak dapet azab yang membuat kegantengan gue sirna. Misalnya, kena bisul di pinggir lobang upil gara-gara nggak shalat. Dan sebagainya.

***

Oh iya, khusus OBM, gue sih setuju aja. Kegiatan ini bagus, kok, untuk mendukung lu saat kuliah nanti. Itu kayak semacam ‘pembekalan’ yang diajarkan oleh orang-orang yang kompeten di bidangnya, waktu gue STM. OBM ngajarin hal-hal yang bakal lu butuhkan ketika kuliah.

***

Sebenernya, kalo ospek itu bermanfaat buat gue sih gapapa juga. Di kampus gue, ospeknya cukup baik untuk tingkat universitas dan fakultas, meski ada beberapa hal yang gue masih nggak setuju.

Gue suka tuh, kalo ospeknya yang wajar-wajar aja. Nggak aneh bin ngerepotin dah. Meski katanya itu bakal jadi kenangan seru di masa depan, buat gue, itu kenangan yang menuh-menuhin kepala gue aja. Buktinya, gue bisa tetep dapet kenangan di tempat PKL meskipun nggak ada ospek di sana.

Di tempat PKL, meski berbusana formal terus-terusan, tetep banyak kenangan seru dan ilmu yang gue dapatkan.

Gue belajar crimping dari Mas Bagus dan Mas Angga.

Gue belajar budaya kerja dan good attittude dari Pak Bowo.

Gue belajar ketawa sambil oglek-oglekin kepala dari Sanjeev Kumar.

Semuanya, gue dapatkan tanpa ospek.


Hhhh...suddenly, I missed those things.

Comments

Popular Posts