Efek samping menulis komedi

Menurut gue, beberapa keuntungan menjadi penulis komedi adalah:

1. Dapet pahala, kalo lawakan lu menghibur orang lain tapi tetep ‘dalam koridor’.
2. Dapet duit, kalo buku lu laku (ya, iyalah!).

Masalahnya, menjadi penulis komedi terkadang nggak sehebat menulis suatu buku yang mengungkap kenyataan sejarah atau yang memotivasi seseorang untuk beternak ikan lele. Tidak sehebat itu, Kawan.

Ya, gue mau kasih tau kalo menulis komedi sebenernya punya risiko juga. Hal ini gue rasakan ketika gue ikutan ifthar jama’i/breakfasting together/buka puasa bareng anak-anak English Club 26.

Gue, duduk di samping supervisor EC-26, Madam Winarti. Kalo diliat dari posisi duduk gue, gue duduknya sila...


...oh, oke. Bukan itu maksud gue.

Maksudnya, kalo diliat dari posisi duduk gue yang berada di samping Ma’am Win, tandanya gue adalah anggota BoA (Board of Alumni), anggota yang punya tanggung jawab untuk membantu supervisor dalam memonitor jalannya ‘governance’ of EC-26 dan ‘mengembalikan EC ke jalan yang benar’, seandainya mulai gak beres. Karenanya, gue harus jaga sikap. Nggak boleh lagi pipis sembarangan, meskipun kepengen. Apalagi buang hajat. Idih, jijay bo!

Atas dasar itulah, selagi menjaga sikap, gue menebar senyum mesra nan bahagia gue ke arah junior-junior gue yang kalo pipis aja masih belum lurus, bahkan tuh pipis cenderung abstrak kalo lagi buru-buru. Gue nggak tau, apa junior gue merinding apa tiba-tiba masuk angin ngeliat senyuman gue.

Gue juga agak sedikit malu-malu najis waktu Ma’am Win ngejelasin profil gue dan Kak Henry yang sekarang udah resmi jadi mahasiswa UI dan Trisakti. Gue jadi semakin ja’im dan terlihat berwibawa. Kalo ada orang yang dengki sama gue, pasti dia udah muntaber dari tadi.

Akhirnya, acara buBar (buka Bareng) berakhir. So far, it is better than before. Gue pun pulang ke rumah dengan aman...eh, enggak. Gue pulang dengan Nurul, sepupu gue yang mau nginep di rumah. Di sinilah efek samping menjadi penulis komedi terungkap.

Waktu lagi nginep, rupanya Nurul sempet cerita-cerita sama adek gue, Vicky. Gue nggak tau persis cerita apaan. Gue juga nggak mau tau. Yah, paling cerita bertema ABG. Cowok, lingkungan sekolah, dll. Lima hari berselang, Vicky memutuskan untuk menceritakan pada gue rahasia yang dikasih tau Nurul...

“Mas, kamu kenal Jody?”

“Iya, dia kan ketua panitia buBar EC. Kenapa, emang? Naksir, yaaa??”

“Idih! Bukan gitu, Mas. Si Jody itu kan udah baca buku kamu, ya. Nah, katanya, selama acara berlangsung, tiap liat muka kamu, dia ketawa melulu....”

See? Seganteng apapun muka lu, tetep aja muka lu keliatan abstrak di hadapan orang yang udah pernah baca buku lu. Mending kalo dia beli, kalo minjem? T_T



...tiba-tiba, gue berinisiatif untuk tetap tidak memperlihatkan foto gue di facebook.

Comments

  1. hahahaha...
    dari dulu emank muke lo abstrak jul..
    hahahaha...

    mampir dunk ke blog gw.. sombong nih..
    rega bin pasukankumislele.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Numpang lewat bos...
    Cie... cie... yang udah jadi penulis. Hehehe!
    Mantap! Tetap semangat bro!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts