Ingatlah Ini Menjelang Pengumuman Ujian

Beberapa hari menjelang pengumuman hasil Ujian Masuk Bersama (UMB), temen-temen gue pada deg-degan....

Temen-temen gue. Bukan gue.

Gue sendiri? Lupa.

Gimana nggak lupa, dalam beberapa hari yang menentukan itu, gue sibuk banget belajar buat persiapan SNMPTN. Gue agak panik juga, soalnya SNMPTN adalah kesempatan terakhir gue. Kalo sampe gue gagal? Kemungkinannya ada dua;

1. Nggak dianggep anak
2. Ngulang lagi tahun depan
3. Masuk militer
4. Nangon (menggembala) bebek di kampung

Ehm, maksud gue ‘dua kuadrat’. Sorry, gue lupa nulis kata ‘kuadrat’nya. Hehehe.

Terus terang aja, gue sedikit pesimis sama hasil UMB. Gue ngerasa persiapan gue masih kurang. Nggak tau bener-bener kurang atau emang gue aja yang gugup. Hehehe. Yah, pokoknya gitu deh! Makanya gue nggak terlalu peduli sama hasil UMB dan fokus sefokus-fokusnya buat persiapan SNMPTN.

Meski begitu, gue nggak boleh putus asa. Gue tetep berdoa, semoga gue diterima di UI. Gue pun jadi nggak fokus lagi belajar. Mungkin gue udah jenuh gara-gara terlalu maksain belajar. Mungkin juga karena otak gue udah kram. Kaget gara-gara diajak mikir keras tiap hari, padahal biasanya nyantai. Hahaha. Yang jelas, gue udah males belajar.

Akhirnya, hari penentuan dateng juga, 29 Juli 2009, pukul 18.00 WIB. Menjelang maghrib, gue gelisah. Eros nemenin gue shalat bareng di masjid terdekat. Abis shalat, ngaji, gue bersiap-siap online pake komputernya Eros. FYI, gue gagal melulu masuk ke situsnya karena banyak yang masuk rame-rame ke situs UMB itu. Akhirnya, gue memutuskan untuk masuk lewat situs UI. Abis online, gue balik ke rumah. Nyokap agak serius ngeliat gue.

Nyokap : “Mas, gimana? Diterima?”

Gue : .... (speechless)

Nyokap : (diam merhatiin gue)

Gue : “Nomor pesertaku berapa, sih? Aku lupa.”

Hahaha, saking paniknya, gue sampe lupa bawa nomor peserta gue. Akhirnya gue pulang buat ngambil tuh nomor. Begitu nyampe rumah, gue dikira udah ngeliat dan malah ditanyain sama nyokap. Gitu deh, jadinya.

Kelar ngambil nomor, gue balik lagi ke rumah Eros. Dengan ngos-ngosan (soalnya gue sambil lari), gue masukin nomornya ke situs dan mendapat jawaban, “Maaf, Anda belum dapat diterima di Universitas Indonesia....”

***

Karena tidur lebih awal (sekitar jam 19.00 sampe 20.00), gue terbangun lebih cepet besok paginya. Abis shalat malam, gue coba ngebuka lagi pengumumannya. Berharap semalem gue salah. Berharap semalem gue melakukan kebodohan seperti hari-hari biasanya. Mungkin untuk pertama kalinya, gue berharap semalem gue beneran ceroboh.

Dan ternyata, gue emang BENERAN SALAH!! Wahahahahaaa....gimana enggak salah, bukannya masukin nomor peserta UMB, gue malah masukin nomor PDF buat download formulir pendaftarannya!

Oke, dalam tahap ini, gue berasa cemen banget....

Setelah mencari-cari tanda peserta UMB gue (alias nomor ‘yang sebenernya’), perlahan-lahan gue coba masukin nomornya. Sambil mengucap basmallah, gue mencet tombol Enter (kayak adegan di film Lorong Waktu, hehehe).

Then, it happened....

“Selamat, Anda diterima di Universitas Indonesia!”

Sambil mengepalkan tangan kanan ke atas, gue berbisik,”Allahu Akbar!!”

Nggak lama setelah itu, adzan subuh berkumandang. Salah satu kumandang adzan paling berkesan yang pernah gue denger....

***

Cerita di atas rencananya bakal gue masukin di buku kedua. So, this entry will be semacam 'sedikit bocoran' untuk buku kedua gue yang gue usahain selesai ditulis beberapa bulan lagi :-)

Comments

Popular Posts