ORI 011


Gue lagi iseng-iseng bikin FAQ (Frequently Asked Question) tentang ORI 011. Tujuannya ialah untuk meningkatkan kesadaran investasi kita, biar gaji tiap bulan nggak habis buat makan doang, hehehe. 

Pembahasan gue bikin pake FAQ biar lebih ringan aja. Selain itu, kata-katanya gue coba bikin sesederhana mungkin dengan alasan yang sama. Hope it works. Kalo lu nggak ngerti juga, wassalam dah. Bubar.

***

Apakah ORI?

ORI merupakan singkatan dari Obligasi Ritel Indonesia. Secara sederhana, ini adalah cara pemerintah menghimpun dana dari masyarakat untuk mendanai program pembangunannya. Sederhananya, negara ngutang ke elu.

Apakah ORI 011?

Angka pada ORI menandakan serinya. ORI 011 (yang selengkapnya ialah ORI 0112014) berarti Obligasi Ritel Indonesia seri 11 yang diterbitkan tahun 2014. Setiap obligasi memiliki pembedanya masing-masing, bergantung dari besar kupon (semacam bunga/bagi hasil pada tabungan dan deposito) yang ditawarkan.

Bagaimana karakteristik ORI 011?

  • Kupon 8,5% per tahun. Kupon ini dibayarkan tiap bulan selama tiga tahun. Besaran ini lebih baik daripada bunga deposito yang 7,5% (BI Rate);
  • Pajak atas kupon 15%. Ini lebih rendah daripada pajak bunga deposito yang jumlahnya 20%;
  • Dijamin pemerintah (pembayarannya dimasukkan dalam APBN);
  • Bisa digadaikan;
  • Bisa dijual lagi di pasar sekunder; dan
  • Durasi 3 (tiga) tahun. Relatif pendek untuk ukuran obligasi.


Kenapa harus investasi ORI 011?

Ada beberapa alasan untuk ini.

Pertama, ketika pemerintah menerbitkan obligasi—apapun serinya—itu berarti mereka sedang menghimpun dana dengan cara yang mandiri karena pada pasar primer, ORI hanya boleh dibeli oleh WNI (Warga Negara Indonesia). ORI juga dapat digunakan untuk membantu melunasi hutang luar negeri Indonesia. Jadi, kalau kamu mau jadi investor yang nasionalis, berinvestasi pada ORI 011 saat ini adalah pilihan yang tepat.

Kedua, ORI dianggap sebagai investasi paling aman karena dana pembayarannya sudah dimasukkan dalam APBN. Sederhananya, pemerintah menjamin langsung uang yang kamu investasikan. Selain itu, kupon ORI 011 adalah 8,5%. Ini besarnya di atas BI Rate yang hanya 7,5%. Sehingga, untuk ukuran investasi yang sangat aman, ini lebih menguntungkan daripada tabungan dan deposito.

Selain itu, pajaknya ialah 15%. Sebagai perbandingan, pajak bunga deposito adalah 20%. Jadi, lebih rendah.

Bagaimana cara membelinya?

Dengan cara menghubungi agen penjual yang ditunjuk. Salah satunya ialah Bank UOB.
Pembelian ORI 011 minimal adalah 5 (lima) unit, dengan harga Rp1 juta/unit. Kamu butuh uang setidaknya Rp5 juta. Sementara itu, pembelian maksimal dibatasi hingga 3000 unit (Rp3 Miliar). Kenapa dibatasi? Karena ini diperuntukkan pada WNI alias perorangan. Kalau tidak dibatasi, nanti akan dibeli institusi.

***

Gimana, udah paham? Udah clear? Atau masih klier-klier?

Kalo masih bingung, temen-temen bisa melakukan dua hal ini:

  1. Pegangan.
  2. Tanya gue di @zulfianprasetyo.

Comments

Popular Posts